Saatnya Menguasai Bahasa Non Verbal agar sukses selalu

wisdom hypnotherapy 6

www.wisdomhypnotherapy.com – Selama Anda hidup di dunia ini, komunikasi verbal dan nonverbal pasti Anda lakukan setiap hari, kapan pun dan di mana pun. Bisa dipastikan bahwa berbagai pihak selalu melakukan komunikasi baik secara verbal dan nonverbal, antara lain sebagai berikut :

  • Komunikasi yang dilakukan oleh orangtua kepada anak anaknya.
  • Komunikasi yang dilakukan oleh setiap pasangan anak muda untuk menunjukkan sebuah rasa kasih dan sayang.
  • Hubungan antara suami terhadap istri.
  • Bentuk komunikasi yang terjalin antara seorang guru dan murid-muridnya.
  • Jalinan komunikasi anara pelatih dan anak didiknya.
  • Kerja sama antara atasan kepada bawahan, dan sebaliknya.
  • Bentuk jalinan komunikasi antara penjual dan pembeli.
  • Komunikasi yang terjadi antara seorang ahli medis dan pasiennya.

Setiap manusia sebenarnya mulai berkomunikasi—baik secara verbal maupun nonverbal—sejak ia berada di dalam kandungan. Hal ini pun bisa Anda praktikkan. Saya pun pernah mempraktikkan, berkomunikasi dengan anak sejak dalam kandungan. Setiap kalisaya melakukan perjalanan ke luar kota, saya selalu menyapa anak saya yang saat itu masih berada di dalam kandungan. Berikut ini bahasa verbal yang biasa digunakan :

Dede sayang, Papa mau pergi ke……….. yaa (ucapkan secara detail tempat yang Anda tuju), Papa pergi buat Dede, nanti  Papa pulang hari…. (katakan secara detail kapan Anda pulang), kita main-main lagi yaah…. Dada dede sayang, PapaMama sayang sama Dede (ungkapkan betapa harunya Anda meninggalkan anak Anda).

Selain bahasa verbal, Anda juga bisa menggabungkannya dengan bahasa nonverbal, yaitu dengan memberikan belaian, ketukan halus, di bagian perut sang Ibu. Saat Anda membelai perut istri Anda, sesungguhnya selain dengan anak yang ada di dalam kandungan, telah terjadi juga sebuah ikatan erat antara Anda dan istri Anda

Mari simak contoh lain. Seorang anak menangis tersedu-sedu karena terjatuh dan salah satu anggota tubuhnya mengeluarkan darah. Dengan spontan, seorang ibu memberikan sebuah “sugesti penyembuhan” yang bisa meredakan tangisan anaknya, bahkan embuat anak menjadi tegar walaupun salah satu anggota tubuhnya masih terasa sakit. Kalimat yang sering digunakan, misalnya “Cup cup cup, sehat ya, Deek. cup cup cup,” kemudian dilanjutkan dengan mengelus-elus bagian tubuh yang sakit atau berdarah tersebut.

Kata “cup cup cup” sebenarnya tidak memiliki sebuah arti, tetapi sangat bermakna dan bekerja pada lapisan pikiran bawah sadar anak. Gerakan mengelus-elus merupakan komunikasi nonverbal yang sangat bekerja di lapisan pikiran bawah sadar anak untuk menurunkan tingkat kecemasan dan ketegangan ketika kejutan terjadi.

Seorang guru yang memberikan pertanyaan kepada anak didiknya dan salah satu anak didiknya sanggup menjawab dengan
tepat. Feed back dalam bentuk ucapan guru tersebut sangat berpengaruh ke pikiran bawah sadar murid tersebut. Kata-kata
seperti “Bagus”, “Hebat”, “Jawaban yang luar biasa”, perlu dipupuk  saat murid menjawab dengan benar dan hindari kata-kata yang  tidak terlalu berpengaruh terhadap pikiran bawah sadar murid, misalnya “Cukup bagus”, “Ya, ya, ya”, “Lumayan bagus”. Bahkan, ada kata-kata yang bisa membuat murid menjadi kurang termotivasi

dalam belajar, misalnya “Salah!”, “Ngawur!”, dan semacamnya. Sebaiknya, kata-kata tersebut segera dibuang jauh jauh dari pikiran Anda.  Komunikasi nonverbal seorang guru kepada anak didiknya sering terjadi, baik disadari maupun tidak disadari oleh guru tersebut, misalnya wajah yang tidak ceria, malas-malasan dalam mengajar, tidak energik dalam mengajar. Hal semacam itu bisa dibaca oleh pikiran bawah sadar murid sebagai bentuk negatif yang berdampak pada menurunnya minat belajar, ketidaktarikannya dalam menikmati proses belajar dan mengajar, dan lain sebagainya.

Bagi Anda yang sedang mendekati pasangan hidup Anda atau teman mesra Anda, komunikasi verbal dan nonverbal sangat
dibutuhkan untuk menjalin hubungan kasih sayang. Kata “Say”, “Sayang”, “ Honey”, “ Cinta”, “Dek”, “Mas”, dan semacamnya, sangat mendekatkan hubungan Anda dengan pasangan Anda.

Salam Keberuntungan..