Rahasia Hipnoterapis saat menanamkan jangkar Emosi ke seseorang

anchor positif

www.wisdomhypnotherapy.com – Hipnoterapis dapat menanamkan anchor positif ke dalam diri klien dengan catatan klien dalam kondisi medium trance. Teknik anchor ini sangat bermanfaat untuk penanganan kasus-kasus yang membutuhkan pemberdayaan diri seperti kasus kurang percaya diri, merasa selalu sial, merasa tidak pernah merasa sehat, dan kasus-kasus yang berhubungan dengan adanya simbol-simbol VAK yang terbentuk secara tidak sengaja oleh klien yang bersangkutan,
misalnya trauma atau fobia

Berikut ini langkah-langkah untuk menanamkan anchor pada diri klien.

Memperkenalkan jangkar pada saat mencapai kondisi emosional yang diinginkan.

Menanamkan anchor pada diri klien sering bermasalah bagi diri  klien jika tidak ada sebuah pemahaman atau kesepakatan terlebih dahulu. Komunikasikan kepada klien atau mintalah izin untuk menyentuh bagian tubuh klien sebagai tools dari anchor. Biasanya, hipnoterapis perlu menginformasikan bagian-bagian mana saja yang bisa dijadikan anchor, antara lain sebagai berikut

  • Menggenggam tangan kanan atau kiri.
  • Menempelkan ibu jari dengan jari tengah atau jari telunjuk,  seperti yang sering digunakan pada saat meditasi atau yoga
  • Mengucapkan kata ”sukses” , ”luar biasa” , ”bisa”, dan semacam nya.

Mintalah klien untuk mengingat kejadian yang paling berkesan, yaitu kejadian yang membangkitkan emosi dan keinginan klien

  • Kejadian saat klien menjadi orang yang paling dihargai (lulus sekolah, menjadi juara, memperoleh nilai yang baik).
  • Kejadian yang sangat membahagiakan klien (diberi hadiah oleh orangtua ketika ia masih kecil, bermain bersama teman-teman, menikah dengan orang yang dicintai, dan semacamnya).
  • Peristiwa yang membanggakan diri klien (mampu bertahan dalam setiap kondisi kehidupan, berbuatkebaikan tanpa pamrih, dan semacamnya).

Selama klien mengingat kejadian tersebut dan klien terhubung dengan emosi yang diinginkan, buatlah anchor yang telah disepakati.

Berikut script yang dapat digunakan

“Baiklah, sekarang rasakan kejadian yang membanggakan tersebut, kejadian tersebut benar-benar membuat Anda lebih bersemangat, terseyumlah, berbahagialah, (pastikan klien  mencapai    kondisi    puncak)    dan    sekarang    genggamlah    tangan   kanan Anda dan katakan, “Saya sukses, saya sukses, saya sukses!”    (buat    klien    bersemangat    dan    berbahagia).

“Perhatikan dan rasakan bagaimana genggaman Anda membuat tubuh, pikiran, dan jiwa Anda menyatu dengan genggaman tangan yang Anda lakukan, lebih kuat, lebih keras lagi, satukan perasaan tubuh, emosi, dan jiwa Anda menjadi sebuah kekuatan. Saat Anda menggenggam tangan kanan  Anda, pribadi luar biasa terjadi pada diri Anda, luar biasa.

“Mulai sekarang, setiap kali Anda menggenggamkan tangan kanan Anda, secara otomatis, Anda menjadi pribadi yang luar
biasa”

Itulah langkah langkah dalam membentuk Anchor positif kepada klien yang dapat membantu klien dalam mengatasi berbagai permasalahannya.

Salam Keberuntungan, Andri Hakim