Penerapan Kalimat “Replace” dalam Sesi Hipnoterapi

AndriHakim106

Penerapan Kalimat “Replace” harus segera dilakukan apabila klien telah mampu mengatakan “kalimat cancel”, sehingga kalimat “replace” adalah kelanjutan dari kalimat “cancel”. Jika seseorang telah melakukan penolakan secara verbal terhadap apa yang telah ia pikirkan/lakukan sebelumnya, maka bisa jadi penolakan tersebut tidaklah cukup efektif dibaca oleh pikiran bawah sadar untuk mengubah kondisi yang diinginkan.

Ingat, pikiran bawah sadar hanya akan menerima suatu sugesti jika ada sugesti tersebut memiliki value atau nilai yang lebih baik. Nilai tersebut perlu diyakini sebagai sebuah pemahaman yang lebih bermanfaat dan berguna bagi dirinya. Pepatah kuno mengatakan “Ubah perspektif Anda maka Anda  akan mengubah kenyataan Anda ”.

Dalam kalimat replace, Seseorang/Klien  memiliki kesadaran untuk memperbaiki Old self image (OSI) Seseorang/Klien  secara verbal, setelah ia memperbaikinya dengan kalimat “cancel”. Seseorang/Klien perlu mengucapkan kalimat replace dengan segenap keyakinan diri dan pastikan bahwa Seseorang/Klien  mampu mengubah dan memperbaikinya. Dalam teori evolusinya, Charles Darwin mengatakan bahwa “yang bertahan hidup bukan spesies yang paling kuat, bukan pula spesies yang paling cerdas, tapi spesies yang paling responsif terhadap perubahan”. Perubahan secara responsive dapat dilakukan dengan menggunakan kalimat “Cancel” dan “Replace”.

Berikut ini beberapa contoh kalimat yang mengandung “cancel” dan “Replace”

  • Old Self Image ( OSI) : Saya orang yang biasa-biasa saja
  • Cancel : Saya sebenarnya orang yang luar biasa
  • Replace : Saya adalah orang yang hebat dan luar biasa
  • Old Self Image ( OSI) : Saya memang dilahirkan untuk miskin
  • Cancel : Saya sebenarnya siap dilahirkan menjadi sukses
  • Replace : Saya termasuk bagian dari orang-orang Sukses

 Yang perlu diperhatikan adalah Replace yang Anda/klien Anda lakukan mendukung Cancel yang telah diutarakan oleh Anda/klien Anda, sehingga pikiran bawah sadar Anda/klien Anda dapat menerima sebuah penekanan terhadap hal-hal yang ingin dirubah.