Moelyonov Abdul Djalil, CHt (IACT)

hipnoterapis

Moelyonov Abdul Djalil lahir di Pacitan 15 Juni 1968. Selepas menyelesaikan SMA (1986) di kota kelahirannya, merantau untuk menuntut ilmu formal di Kota Bandung hingga lulus S1 Jurusan Sejarah Unpad pada 1993 dan ilmu kehidupan hingga 2006.

Bekerja di dunia perbukuan dari editor hingga pemimpin redaksi di beberapa penerbit sudah dilakoninya sejak 1996. Menulis artikel mengenai masalah sosial, budaya, dan politik di surat kabar dia tekuni sejak duduk di bangku kuliah. Menjadi wartawan HOKI (Harian Online Kabar Indonesia www.kabarindonesia.com) sejak 2006 dan aktif menulis di kompasiana.com. Menulis sekitar selusin buku dari buku keterampilan, humor, hingga motivasi di antaranya Teknik Pelitur Untuk Pemula, Wirausaha Vulkanisir Ban Sepeda Motor, Kiat Membeli Motor Bekas, SMS Pusing 7 Keliling, Ketawa-Ketiwi Sampe Geli, Ngakak Sampe Bengkak, hingga Ketika Tuhan Ditidurkan.

Menjadi “korban” hipnosis ayahnya ketika kelas 4 SD, lelaki berintuisi tajam ini sangat menyukai bidang self improvement sehingga secara otodidak belajar sendiri bagaimana bermeditasi dan “membuka bawah sadar” untuk meningkatkan kualitas diri. Lalu, karena menyadari kekurangan, sekaligus kelebihannya, dengan pergaulannya yang luwes, dia pun menjadi Master Reiki Usui pada 2006 dan menguasai hipnosis meski tanpa belajar secara formal.

Bapak 3 anak yang anti obat kimia ini melakukan selfhealing dan selfhypnosis dengan caranya sendiri: hampir setiap malam tidur di lantai di depan pintu rumahnya tanpa alas, tanp bantal, dan tanpa baju (hanya bercelana pendek). Menjadi narasumber tentang hipnosis dalam berbagai seminar publik di beberapa kota besar sejak 2009, talkshow di TVRI dan berbagai radio swasta, hingga bersama rekannya, Andri Hakim, menghinposis massal 1.300 orang guru di Surabaya dan 600 orang guru di Ponorogo. Untuk menambah keyakinannya dalam bidang hipnosis, akhirnya dia mengikuti pelatihan hipnosis/hipnoterapi hingga mendapatkan sertifikat hipnoterapis dari IACT, USA (2010).