Mengenal Eksistensi Jagat Kecil dalam Diri Anda

innerworld

www.wisdomhypnotherapy.com – Jagat kecil (inner world) dalam diri kita sesungguhnya menyimpan misteri dan rahasia terpendam yang saat ini mungkin belum seluruhnya dapat dipahami sebagai konsep holistik. Terkadang, seseorang jarang memerhatikan kondisi dunia dalam dirinya, tetapi selalu memerhatikan dunia di sekitarnya. Aktivitas yang kita lakukan setiap hari, dengan berbagai hiruk-pikuk pikiran dan berbagai permasalahan, membuat kita lupa siapa dan mau ke mana diri kita. Kecerdasan untuk dapat menyadari siapa dan apa saja yang perlu kita perbuat dalam mengisi waktu di dunia, merupakan hal yang perlu dilakukan mulai sekarang.

Agar Anda semakin memahami apa yang harus Anda perbuat dan pikirkan dengan jagat kecil milik Anda. Berikut ini beberapa pertanyaan yang dapat Anda jawab sehubungan dengan inner world Anda.

  • Pernahkah Anda teringat sebuah kondisi ketika Anda merasa pikiran dan tubuh Anda menjadi optimistis, penuh semangat, dan berada dalam kondisi puncak?
  • Pernahkah Anda merasa bahwa apa yang telah Anda bayangkan sebelumnya, semua telah terealisasi dalam diri Anda?
  • Pernahkan Anda merasakan bahwa Anda termasuk manusia yang paling cerdas di dunia ini? Atau Anda merasakan bahwa Anda termasuk manusia paling tidak cerdas di dunia ini?
  • Pernahkah Anda merasa ada suatu hari dalam hidup Anda yang menurut Anda paling membosankan dan melelahkan?
  • Pernahkah Anda mengingat ada mata pelajaran tertentu yang sangat Anda gemari karena menurut Anda pelajaran tersebut lebih mudah dipelajari daripada mata pelajaran yang lain?
  • Pernahkan Anda berpikir bahwa Anda termasuk golongan orang-orang beruntung,  atau sebaliknya, Anda berpikir bahwa Anda termasuk golongan orang yang selalu sial?
  • Pernahkah Anda merasa bahwa tubuh Anda benar-benar lelah dan ingin melepaskan segala rutinitas dalam hidup Anda?

Ya, semua pertanyaan tersebut sebenarnya akan dengan mudah terjawab, jika setiap orang memiliki waktu untuk menenangkan dirinya dan menuju jagat atau alam kecilnya.

Dalam buku-buku saya sebelumnya, telah dikemukakan bagaimana konsep pikiran memegang peranan yang sangat penting dalam peningkatan kualitas hidup dan kehidupan kita. Konsep pikiran yang terbagi menjadi “pikiran sadar” dan “pikiran bawah sadar” merupakan esensi yang selalu melekat dalam diri kita sehari-hari.

Pikiran manusia adalah satu kesatuan dengan tubuh dan jiwa. Namun, kali ini, agar memudahkan Anda untuk menyelami pola pikir dan kesadaran manusia, pikiran dibagi menjadi dua kelompok.

  1. Pikiran sadar (conscious mind) yang mewakili jagat besar, yaitu pikiran yang bersifat material, duniawi, terlihat langsung, dan berkenaan dengan sesuatu di luar diri kita.
  2. Pikiran bawah sadar (subconscious mind) yang mewakili jagat kecil, yaitu pikiran yang bersifat immaterial, rohaniah, tersembunyi, dan berkenaan dengan sesuatu di dalam diri kita.

Sumber : Andri Hakim – Buku Neo Tai Chi – Visimedia 2011