Mempercepat Penyembuhan Pasien dengan Sugesti Positif (RSUD Cengkareng, Jakarta)

Sugesti positif seringkali dibicarakan sebagai cara untuk memberikan sebuah motivasi maupun semangat kepada seseorang terhadap setiap permasalahan yang sedang terjadi. Begitu pula saat seorang pasien yang sedang di rawat inap di sebuah Rumah Sakit (RS), maka dibutuhkan sugesti-sugesti yang dapat memotivasi pasien untuk segera sembuh dari setiap penyakit yang sedang ia derita.

Workshop yang berlangsung di RSUD Cengkareng ini dibawakan oleh Andri Hakim dengan tema ” Mempercepat Penyembuhan Pasien dengan Sugesti Positif”. Workshop ini dibuka oleh Direktur RSUD Cengkareng, Dr. Nur Abadi, MM, MSi dan Pimpinan Redaksi Visi Media sebagai Penerbit Buku Dahsyatnya Hipnosis, Bpk Mulyonov, dihadiri oleh Para Dokter, Perawat, dan Bidan di lingkungan RSUD Cengkareng.

Seringkali sebuah pelayanan maksimal dibutuhkan oleh setiap pasien dalam mempercepat proses penyembuhan. Sugesti positif yang diberikan oleh ahli medis di lingkungan Rumah Sakit sangat dibutuhkan oleh pasien guna memberikan semangat dan motivasi agar pasien segera sembuh dan kembali sehat sedia kala. Namun kata-kata sugesti harus memenuhi kaidah-kaidah pikiran bawah sadar pasien seperti :

  1. Menggunakan kata-kata /kalimat positif, hindari kata-kata yang bersifat negatif
  2. Bentuk waktu sekarang (present tense) atau progresif (bertahap)
  3. Jelas dan Detail
  4. Ungkapan yang bersifat metafora
  5. Sederhana dan Emosional
  6. lakukan pengulangan

Selain memperkuat sugesti positif kepada pasien, maka setiap ahli medis mulai dari dokter, perawat dan bidan perlu menghindari berbagai kalimat-kalimat yang dapat menurunkan mental pasien. Adapun berbagai bentuk sugesti negatif yang perlu dihindari antara lain :

  1. Keprihatinan yang berlebih kepada pasien
  2. Harapan yang berlebih kepada pasien
  3. Mengkritik Pasien
  4. Menakutkan Pasien
  5. Berdebat dengan pasien
  6. Menyalahkan Pasien
  7. Menunjukkan keheranan kepada pasien
  8. Menilai secara moralistik
  9. Memberi contoh dirinya sendiri
  10. Memalukan pasien

Sugesti positif hanya bisa keluar dari seseorang yang memiliki pikiran dan hati yang positif, sehingga Andri Hakim menyarankan bahwa setiap ahli medis diperlukan sikap professional untuk dapat bekerja dengan hati dalam memberikan pelayanannya kepada pasien.

www.wisdomhypnotherapy.com