Aplikasi Teknik Pembatalan kepada Klien

Materi Hipnoterapi Wisdom Hypnotherapy

Untuk kasus kasus sederhana, seorang klien biasanya datang dengan berbagai sudut pandangnya yang menurutnya hal tersebut mencerminkan dirinya.

Tugas seorang hipnoterapis adalah membentuk self image ( pandangan) baru yang lebih mencerminkan siapa dirinya sebenarnya.

Teknik Cancel ini merupakan teknis sederhana yang sangat mudah untuk diaplikasikan kepada siapapun, termasuk diri Anda sendiri maupun klien Anda

Cancel atau pembatalan bisa Anda lakukan dengan menyadari semua hal-hal negatif yang telah Anda persepsikan, Anda bayangkan, bahkan Anda percayai dapat Anda tolak secara verbal. Sebagai contoh, kalimat “Amit-amit jabang bayi”. Hal itu merupakan sebuah proses pembatalan, yaitu menginformasikan ke pikiran bawah sadar bahwa hal tersebut sebaiknya mulai bisa dijauhkan dari hidup.

Berbagai ucapan—baik disadari maupun tanpa disadari­—sering menjadi bagian dari hidup Anda sehari-hari. Bagi Anda yang berprofesi sebagai pengajar, orangtua, pegawai, dll apabila sering mengucapkan kata-kata negatif, bisa saja kata-kata tersebut menjadi sebuah realitas, sebagai contoh.Mampus deh gue!” ; “Memang beginilah nasib jadi pegawai, setiap hari sudah hidup susah, enggak punya uang, banyak utangnya lagi” ; Mau mendidik bagaimanapun kalau gajinya kecil malas, ah…. ;” “Jadi karyawan eh malah enggak bisa makan”; “Yang namanya karyawan rendahan ya pasti kere”.

Nah jika Anda atau klien Anda terlanjur telah mengucapkan kata-kata tersebut baik lisan maupun di dalam hati, maka sudah saatnya Anda mulai membuat daftar setiap hal yang menurut Anda hal tersebut bukanlah hal yang patut dipertahankan dan Anda memiliki kesadaran untuk menolak hal tersebut. Anda dapat membuat sebuah kalimat cancel yang bisa diistilahkan sebagai OSI ( old Self Image) dan membuat kalimat Cancel ( pembatalan)

Berikut ini beberapa contohnya.

Old Self Image ( OSI) : Saya orang yang biasa-biasa saja

Cancel : saya sebenarnya orang yang luar biasa

Old Self Image ( OSI) : Saya memang dilahirkan untuk miskin

Cancel : saya sebenarnya siap dilahirkan menjadi sukses

Saat Anda/klien Anda melakukan cancel atau pembatalan apa yang telah Anda pikirkan dan percayai  selama ini, sebaiknya dapat Anda/klien Anda lakukan dengan mengungkapkan hal tersebut dengan kata-kata. Anda bisa berbisik seperti layaknya Anda melantunkan bacaan pada waktu berdoa dalam hati atau ketika salat bagi kaum muslim.

Yang perlu diperhatikan adalah pembatalan/cancel yang Anda/klien Anda lakukan adalah OSI yang memang tidak perlu dipertahankan menurut versi Anda/klien Anda. Sebaiknya, Anda tidak perlu memaksakan diri untuk melakukan cancel atau pembatalan terhadap hal-hal yang belum ingin Anda ubah.

Leave a Reply