Memahami Alam Bawah Sadar sebagai Jagat Kecil Anda

alam bawah sadar sebagai jagad kecil

www.wisdomhypnotherapy.com – Saat Anda ingin memahami jagat kecil Anda, sebaiknya Anda mulai memahami bawah sadar Anda yang sesungguhnya. Pikiran sadar sebenarnya hanya berperan 12% dalam kehidupan kita sehari-hari. Sejak Anda bangun tidur hingga tidur lagi, sebenarnya diri Anda tidaklah sadar sepenuhnya.

Ada sebuah jagat kecil yang berpengaruh dalam kehidupan Anda. Jagat kecil itu selalu mengendalikan Anda, walaupun sebenarnya Anda merasa bahwa saat ini Anda benar-benar sadar dan sedang menggunakan pikiran sadar Anda secara logis dan analitis, serta menggunakan berbagai pertimbangan dalam kehidupan Anda.

Kecerdasan bawah sadar sebenarnya merupakan kecerdasan yang tidak dapat diprediksi sebelumnya. Bisa saja kecerdasan itu datang secara tiba-tiba, atau memang semuanya sudah rencana dari Tuhan yang Mahakuasa. Salah satu contoh kecerdasan pikiran bawah sadar adalah bagaimana seseorang terselamatkan dari maut.

Baru-baru ini saya menerima sebuah email dari teman saya, yang menceritakan tentang kejadian yang terkadang terkesan menghambat kita atau membuat kita kesal, padahal sebenarnya dapat menyelamatkan kita dari maut. Misalnya, peristiwa runtuhnya gedung WTC di Amerika, yang menyimpan berbagai kisah haru tentang beberapa karyawan yang beraktivitas di gedung tersebut. Seorang bapak yang terselamatkan dari bencana karena “terpaksa” harus mengantarkan anaknya yang kesiangan ke sekolah. Seorang karyawan yang ingin berangkat menuju tempat kerjanya di gedung WTC, tiba-tiba menerima telepon dari teman lamanya. Saking asyiknya, karyawan tersebut sampai kesiangan masuk kantor, dan karenanya ia selamat dari maut. Seseorang yang menuju tempat kerjanya secara terburu-buru dengan mengendarai mobil, tiba-tiba ban mobilnya kempes dan ia harus memperbaikinya terlebih dahulu sehingga ia juga terselamatkan dari maut. Seorang karyawan yang harus menyelesaikan pekerjaan kantor, “terpaksa” mengerjakan pekerjaan tersebut di rumah hingga ia kesiangan masuk kantor. Hal itu ternyata menyelamatkannya dari maut yang mengintai.

Kejadian-kejadian di atas merupakan gambaran bahwa kata “selamat” merupakan anuegrah yang terindah dalam hidup ini. Doa untuk meminta keselamatan di dunia dan akhirat merupakan hal yang harus selalu dilakukan oleh setiap manusia di dunia ini.

Nah, jagat kecil yang akan kita selami ini memiliki peran penting dalam hidup Anda, sebagai pikiran bawah sadar yang berperan sebesar 88% dalam kehidupan kita. Ingat, perbuatan yang sering Anda lakukan, akan tercermin dalam hari-hari yang Anda jalani.

Dalam hidup ini, pikiran sadar lebih menjadi prioritas dalam melakukan aktivitas kita sehari-hari. Padahal, ada sebuah sistem jagat kecil yang sering Anda lupakan dan tidak disadari keberadaannya. Hal ini sangatlah wajar karena jagat kecil hanya dapat disadari dan dipahami, jika kita mau menyediakan waktu untuk merenung ke
dasar diri yang paling dalam.

Sebagai contoh, sebagian dari Anda mungkin berkata dalam hati apakah yang sebaiknya Anda lakukan untuk meningkatkan kenyamanan dan ketenangan? Jika Anda menjawah tanpa perenungan terlebih dahulu, otomatis Anda menjawab dengan pikiran sadar Anda. Secara logis, kenyaman dan ketenangan biasa dikaitan dengan materi, harta, dan uang.

Hal itu sangatlah lumrah dan memang dibutuhkan oleh setiap manusia dalam menjalani kehidupannya. Tidak heran, jika konsep keyamanan yang sering kali dijual dalam berbagai pelatihan motivasi adalah bagaimana menciptakan sebuah kekayaan yang mampu memberi ketenangan dan kenyamanan dalam hidup Anda.

Jagat kecil yang saya maksudkan adalah sebuah kekuatan yang sangat cerdas, melebihi kecerdasan pikiran bawah sadar yang selalu kita latih dari TK, SD, SMP, SMA, sampai perguruan tinggi. Kekuatan jagat kecil layaknya sebuah kemampuan yang tidak dipahami semua orang, tetapi melekat pada masing-masing orang. Jagat kecil dikatakan cerdas karena memiliki kekuatan yang mampu memberikan kesuksesan dan keberuntungan.

Apakah ada kekuatan sedahsyat itu? Ya, tentu, semakin Anda melatih jagat kecil Anda, Anda akan semakin memahami bagaimana Anda berbuat, beremosi, dan berpikiran kreatif. Namun, untuk memiliki kemampuan itu, diperlukan latihan dan olah diri atau olah rasa yang harus dilakukan setiap saat dan setiap hari. Anda harus meluangkan waktu untuk selalu berkomunikasi dengan jagat kecil Anda.

Sumber : Andri Hakim – Buku Neo Tai Chi – Visimedia 2011