Manfaat Kondisi Hipnosis Ringan dalam Aktivitas Belajar Mengajar

Apakah Hipnosis ringan bisa efektif terhadap diri kita ??

Jawabannya, semua kondisi hipnosis bermanfaat, sesuai kepentingannya masing-masing…

Kondisi hipnosis dapat dibagi menjadi hipnosis ringan (light hypnosis) dan hipnosis dalam (Deep Hypnosis). Proses belajar mengajar lebih menggunakan teknik Light Hypnosis ketimbang Deep Hypnosis. Kondisi fokus saat belajar sebenarnya kondisi yang dibutuhkan oleh setiap orang agar pikiran tidak bercabang dan tingkat emosional seseorang menjadi stabil.

Dalam kondisi hipnosis ringan, maka gelombang pikir seseorang berada pada Light Alpha sedangkan untuk kondisi hipnosis dalam, gelombang pikir seseorang telah memasuki kondisi deep Alpha.

Proses memindahkan kondisi pikiran Beta seseorang yaitu kondisi dimana gelombang pikir seseorang berkisar antara 24-14 putaran otak per detik menuju ke kondisi Alpha seseorang yaitu berkisar antara 14-7 putaran otak per detik sebenarnya sangat diperlukan.

Saat seseorang berada dalam kondisi Beta (24 putaran otak per detik) , maka orang tersebut memiliki kemampuan untuk memikirkan 5 sampai 9 hal yang terekam dalam pikirannya. Sebagai contoh seorang ibu rumah tangga yang kebetulan kondisinya masih dalam kondisi Beta, maka ia mampu memikirkan hampir seluruh aktivitas yang sedang dilakukan seperti :

1.      Memasak makanan yang akan disajikan untuk makan malam

2.      Sambil menonton TV yang menayangkan sinetron unggulan

3.      Tangan kanan sedang memegang handphone yang sedang membalas SMS

4.      Selain menonton TV, sambil mengawasi pembantu rumah tangga yang sedang membersihkan bagian ruang tamu

5.      Pada saat yang bersamaan anak kesayangannya minta dibuatkan susu

6.      Sambil membuat susu, ibu tersebut menghitung uang belanja harian yang dibutuhkan dan masih sempat menyimak alur cerita dalam sinetron

7.      Terdengar suara anaknya menangis karena susu yang dibuatnya terlalu lama

8.      Agak sedikit kaget, sambil melongok keluar rumah dan melihat tetangga sebelah telah membeli mobil baru

9.      Sambil sedikit kesal, langsung menelpon suaminya untuk juga dibelikan mobil baru.

Contoh aktivitas diatas tersebut juga seringkali dialami oleh para karyawan di kantor dimana berbagai tugas bertubi-tubi harus ia kerjakan dan selesaikan hampir pada waktu yang bersamaan.

Seorang siswa yang sedang memperhatikan seorang guru mengajar, seringkali mengalami gangguan konsentrasi dikarenakan berbagai bentuk pikiran masih melayang layang di benaknya dan tiba-tiba saja materi yang sedang diajarkan oleh guru di depan kelas hilang begitu saja dari pikiran siswa, tergantikan oleh pikiran lainnya yang mungkin lebih seru atau lebih nyaman untuk dipikirkan.

Aktivitas yang dilakukan pada waktu yang bersamaan seringkali menimbulkan sebuah beban perasaan yang dapat berdampak negatif pada diri seseorang. Oleh karenanya teknik hipnosis mengarahkan subjeknya untuk bisa memusatkan diri kepada hal tertentu dan hal tersebut bereaksi pada hilangnya perasaan-perasaan negatif yang membebani.

Salam wisdomhypnotherapy.