Kehidupan, Perubahan dan Proses Pembelajaran

Lihatlah kupu-kupu dengan segala keindahan warnanya. Apakah demikian sebelum menjadi kupu-kupu? Tentu tidak! Selama berproses dia sangat jelek & menjijikan tidak ada orang yang meliriknya.

Demikianlah halnya kita, kadang selama berproses tidak sedikit orang yang tidak peduli, namun dengan kesabaran dan tetap teguh berproses merubah diri menjadi yang lebih baik, maka pada saatnya banyak orang akan menyenangi hidupmu

Kupu-kupu terbang dengan indahnya memperlihatkan warna sayapnya yang sangat indah. Kita semua tahu kalau bentuk awalnya tidaklah demikian. Semula dia berbentuk ulat, kemudian berproses berubah menjadi kepompong terus bermetamorfosis sampai menjadi kupu-kupu yang bisa terbang dengan indahannya

Saat berbentuk kepompong kita semua tidak peduli dengan keberadaannya, apalagi saat menjadi ulat sebagian besar dari kita menyingkirkannya dan enggan untuk membayangkanya, bahkan tidak jarang yang membunuhnya karena dianggap sangat menjijikkan.

Tapi saat sudah berubah menjadi kupu-kupu dengan segala keindahan warna sayapnya, banyak orang yang tertarik untuk menyentuhnya, untuk memilikinya bahkan tidak sedikit yang mengawetkannya supaya bisa menikmati keindahannya lebih lama.

Terlepas dari proses perubahan alamiahnya seekor kupu-kupu, perubahan bentuk membuatnya bertahan hidup sampai saat memiliki daya pikatnya sendiri. Seandainya seekor ulat berubah menjadi kepompong, dan kepompong tersebut tidak berproses untuk merubah bentuknya secara berkelanjutan, terus terlihat buruk dan tidak akan menjadi apa-apa yang pada akhirnya mati bersama dengan keburukannya itu.

Demikian juga dengan kehidupan kita ini, bila kita tidak mengubah diri terus menerus untuk menuju kehidupan yang lebih baik dan tidak akan mencapai kemajuan apa pun.

PERUBAHAN adalah kata kunci bila kita menginginkan perubahan hidup kita. Kita sering melihat ada tulisan yang ekstrim “Merdeka (baca berubah) atau Mati”, ini menunjukkan suatu tekad yang bulat untuk melakukan perubahan tersebut.

Kalau kita berkemauan mengubah hidup kita menjadi yang lebih baik, kita harus lebih dulu mengubah diri dan mantapkan dulu persepsi diri kita yang baik.

Bagaimanapun perubahan adalah kata lain dari “pertumbuhan” dan juga sinonim dari kata “belajar”.

Percayalah bahwa kita bisa melakukan dan menikmatinya bila kita mau

Salam Perubahan,  Surabaya, Nono Budiono