Ratusan Guru Mengikuti Seminar Nasional Hypnosis in Teaching di Surabaya

Andri Hakim Hypnosis in Teaching Surabaya seminar

Seminar Nasional dengan judul ”Hipnosis in Teaching: dengan tema ”MENINGKATKAN KUALITAS KOMUNIKASI DALAM PEMBELAJARAN”  terselenggara berkat kerjasama MGBK Kota Surabaya dengan Wisdom hypnotherapy Jatim pada tanggal 15 Januari 2011 di Gedung Wanita, Jl. Kalibokor Selatan – Surabaya dihadiri peserta sekitar 200 orang guru Bimbingan Konseling dan guru bidang studi lainnya , yang datang dari berbagai sekolah Negeri dan Swasta di seluruh Nusantara.

Para guru peserta seminar kali ini sangat antusias memperhatikan dan mencatat pemaparan pemateri tunggal  M.Andri Hakim, SE, M Ak, CHt, CI. Bertindak sebagai moderator adalah Ester Sukarsih sebagai salah satu pengurus MGBK Kota Surabaya dan juga sebagai Sekretaris Nasional Ikatan Bimbingan dan Konseling Sekolah.

Dalam kata pembukaannya Ester mengatakan bahwa Hypnosis in Teaching ini bukanlah sebagai pengganti metode mengajar yang telah ada, tetapi merupakan salah satu  alternatif terobosan baru dan pelengkap metode dalam proses belajar mengajar yang sangat efektif, sehingga anak didik menjadi senang belajar dan otaknya mampu menyerap materi pelajaran bagaikan sebuah spon yang menyerap air.

Di awal pemaparan materi seminar ini, Andri hakim memberikan sebuah soal matematika sederhana yang ternyata sangat membingungkan peserta seminar dalam menjawab. “Inilah salah satu contoh hipnosis dalam pembelajaran” kata Andri hakim. Materi Hypnosis in teaching mulai dipaparkan pada pukul 10.00 s/d pukul 13.00.

Di depan para peserta seminar, pemateri memberikan banyak contoh betapa besar kekuatan sugesti yang diberikan seseorang kepada orang lain. Pada kesempatan itu juga ditegaskan bahwa dalam Hypnosis in Teaching ini tidak berarti siswa ditidurkan seperti hipnosis yang sering kita lihat pada layar kaca, tetapi bagaimana membuat suasana pembelajaran menjadi semakin rileks, tenang, kondusif, dan nyaman sehingga siswa menjadi mampu berkonsentrasi pada materi yang sedang diajarkan oleh guru.

Seminar  ini diakhiri dengan demo alat baru untuk mengukur kondisi gelombang pikiran seseorang memasuki kondisi beta atau alpha sehingga para peserta seminar sangat antusias ingin mencoba alat tersebut sampai pada akhir acara.

Mas Budiono

www.wisdomhypnotherapy.com