How to Overcome Your “Hypnophobia”

Hypnosis adalah teknik yang menggunakan relaksasi dan sugesti untuk mem-bypass pikiran kritis (Critical Thinking) seseorang.Hypnosis sangat bermanfaat dan seringkali membantu seseorang untuk berhenti merokok, menurunkan berat badan dan mengurangi rasa sakit (pain management).

Tulisan ini menjelaskan bagaimana cara Anda mengatasi rasa takut mendalam / fobia saat Anda memutuskan untuk melakukan sesi hypnosis atau hypnotherapy. Kondisi saat anda merasa takut luar biasa terhadap hypnosis/hypnotherapy inilah dapat kita sebut sebagai “ Hypnophobia”.

Ketakutan Anda terhadap hypnosis dimungkinkan oleh berbagai faktor, baik faktor internal (diri pribadi) maupun faktor eksternal (lingkungan), namun pada intinya bisa jadi terdapat sebuah kejadian negatif yang baik sengaja maupun secara tidak sengaja direkam oleh pikiran bawah sadar Anda, dan rekaman tersebut dijadikan alasan oleh bawah sadar Anda untuk melakukan penjagaan (proteksi) terhadap tubuh dan pikiran Anda, sehingga pikiran bawah sadar anda secara otomatis menganggap bahwa hypnosis/hypnotherapy dapat membahayakan terhadap tubuh dan pikiran Anda. Inilah awal Anda mengalami “ hypnophobia”.

Sebagai contoh, seseorang yang takut di hypnosis, karena ia mengalami “trauma” hypnosis pada saat ia menjadi bahan tertawaan para penonton alias saat ia menjadi sukarelawan hypnosis panggung, dan kejadian tersebut membekas di pikiran bawah sadar-nya. Ada lagi client yang takut akan hypnotherapy dikarenakan saat ia mendatangi seseorang yang mengaku hypnotherapist, maka hypnotherapist tidak dapat mentuntaskan permasalahan yang ia alami, bahkan menjadikan dirinya menjadi semakin bingung dan gundah setelah menjalani sesi hypnotherapy tersebut. Terlebih lagi, banyak isu-isu negatif seputar hypnosis dan hypnotherapy yang menginformasikan bahwa seorang hypnotherapist dapat saja berbuat negatif kepada clientnya karena mereka berada dalam satu ruangan terapi.

Terdapat beberapa cara yang singkat dan sederhana untuk Anda dalam mengatasi Hypnophobia ini yaitu :

Langkah 1. Kenali Metode Hypnotherapy

  • Carilah informasi dan pengetahuan secara tepat (berdasarkan riset ilmiah) yang berkenaan dengan metode hypnosis/hypnotherapy. Ingat, carilah informasi yang dapat diandalkan (berdasarkan pengalaman dan Riset ) bahwa hypnotherapy benar-benar memiliki efek penyembuhan yang luar biasa alias dahsyat. Ingat “Semuanya Anda-lah yang mengontrol, bukanlah hypnotherapist”.
  • Ingatlah, “ Riset membuktikan bahwa seorang terapis tidak dapat mengontrol pikiran Anda atau memanipulasi pikiran anda”, walaupun ada beberapa orang yang mudah di hypnosis seperti pada pertunjukan hypnosis, namun semua itu merupakan bagian dari pertunjukan alias telah direncanakan.
  • Anda dapat mempelajari secara seksama, kira-kira apa yang membuat Anda menjadi fobia terhadap hypnosis. Seringkali, ada beberapa trauma emosi yang berkaitan dengan fobia tersebut. Jadi anda boleh berhati-hati terhadap berbagai faktor yang menyebabkan Anda takut akan hypnosis.

Langkah 2. Kenali Hypnotherapist-nya

  • Untuk lebih meyakinkan diri Anda, carilah praktisi hypnosis yang berkualifikasi. Hal ini dikarenakan hypnotherapy adalah sebuah terapi, bukan sebuah obat, sehingga tidak perlu disyahkan oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).
  • Carilah praktisi hypnosis handal berdasarkan informasi dari mulut ke mulut atau seseorang yang telah anda kenal/percayai. Ingat, hati-hati terhadap iklan-iklan yang banyak mengumbar janji-janji dan kesaksian client-clientnya, karena dalam dunia hypnotherapy “tidak ada yang dapat memberikan garansi tentang keberhasilan”

Langkah 3. Buatlah Janji

  • Apabila Anda telah menemukan seorang hypnotherapist yang tepat, maka cobalah berkomunikasi melalu telepon, Anda dapat membuat janji kepada hypnotherapist tersebut untuk menemuinya, saat di telepon pastikan diri Anda nyaman dengan keterangan-keterangan yang diberikan oleh Hypnotherapist tersebut. Namun, apabila Anda merasa tidak nyaman, seorang hypnotherapist tetap tidak akan dapat menghipnosis Anda.
  • Bagaimanapun, Langkah ke-3 ini merupakan langkah kritis untuk memberanikan anda dan membangun kepercayaan anda terhadap praktisi hypnosis/hypnotherapy.

Langkah 4. Adaptasi

  • Pahami bahwa perlu beberapa waktu untuk menghilangkan fobia Anda terhadap hypnosis/hypnotherapy. Biasanya untuk sekali sesi ( long session), praktisi membutuhkan waktu kurang lebih 3 jam.
  • Apabila dalam sesi pertama, Anda masih merasa was-was dengan metode hypnosis/hypnotherapy, maka biasanya hypnotherapist akan memberikan “ Audio Hypnotherapy” yang dapat anda dengarkan di rumah. Hal tersebut sangat membantu anda untuk mulai terbiasa dengan metode hypnosis/ hypnotherapy.

Semoga ke-4 langkah diatas dapat menjadikan diri Anda menjadi lebih nyaman terhadap hypnosis/hypnotherapy. Untuk mengetahui lebih lanjut, Ikuti Pelatihan Dahsyat, Mastering Hypnotherapy yang diadakan oleh Wisdom Hypnotherapy.

Salam Wisdom Hypnotherapy
Andri Hakim. www.wisdomhypnotherapy.com