Hipnosis itu Beneran atau Bohongan?

hipnosis beneran or bohongan

www.wisdomhypnotherapy.com – Pembaca yang saya mulyakan, seiring dengan boomingnya berbagai praktek hipnosis panggung yang banyak diliput oleh berbagai media televisi, maka berbagai pertanyaan dilayangkan ke diri saya terkait apakah hipnosis panggung yang mereka tampilkan beneran atau bohongan. Sebelum menjawab pertanyaan tersebut, maka kita perlu mengamati kembali esensi dari hipnosis dan hipnosis panggung / hiburan.

Esensi dari hipnosis adalah sebuah kondisi dimana seseorang mudah menerima saran dan sugesti. Nah, apapun bentuk komunikasi kepada seseorang sehingga orang tersebut mudah menerima saran atau sugesti, seperti mau mengikuti perintah, mau melakukan aktivitas tertentu, dll maka itulah “Hipnosis”.

Jadi Hipnosis bisa disebut sebagai ” KOMUNIKASI EFEKTIF”. Kenapa disebut efektif? karena dengan saling berkomunikasi maka terdapat efek gandanya. ya efek ganda, seperti efek mempengaruhi orang lain, efek memberi keyakinan kepada orang lain, efek memberi ketenangan kepada orang lain atau ada juga yang mampu memberikan efek ketakutan kepada orang lain.

Nah, jika kita sudah mengetahui apa itu hipnosis, maka langkah selanjutnya adalah bagaimana efek hipnosis tersebut berdampak pada setiap orang. untuk menjawab pertanyaan tersebut, maka terdapat konsep sugestibilitas. Sugestibilitas adalah kemampuan seseorang untuk menyerap maksud, informasi dan data yang diberikan kepadanya. semakin orang itu patuh terhadap perintah, maka semakin mudah orang tersebut dihipnosis, begitu juga sebaliknya. Seiring dengan perkembangan hipnosis maka tingkat sugestibilitas atau kepatuhan seseorang terhadap bentuk perintah atau saran dapat ditingkatkan. Ini berarti bahwa orang yang pada mulanya memiliki tingkat sugestibilitas rendah, maka dengan latihan latihan tertentu ( tes Sugestibilitas) mampu ditingkatkan ke level yang lebih tinggi. Oleh karenanya dapat disimpulkan bahwa setiap orang dapat dihipnosis, hanya saja yang membedakan adalah lama atau cepatnya waktu yang dibutuhkan untuk menghipnosis seseorang. Ada yang dengan cepat terhipnosis dan ada yang membutuhkan waktu yang relatif cukup lama untuk dapat dihipnosis.

Salam keberuntungan,

www.wisdomhypnotherapy.com

Salam Keberuntungan,