Benarkah Pikiran Bawah Sadar Itu Ada?

wisdom hypnotherapy 8

oleh : Nono Budiono, 2011

Apakah sih sebenarnya pikiran bawah sadar itu?

Setidak-tidaknya saya ada beberapa pertanyaan tentang keberadaan pikiran bawah sadar ini:

  • Benarkah pikiran bawah sadar itu ada?
  • Kalau memang ada, seperti apa bentuknya ?
  • Dari mana kita tahu? Dari pikiran sadar kita? Atau
  • Bagaimana kalau istilahnya diganti dengan “Pikiran Sangat sadar” atau ”Pikiran Super sadar…” karena dapat bekerja secara otomatis menggunakan kesadarannya sendiri?
  • Bila benar ada pikiran bawah sadar, di manakah letaknya? Jangan-jangan letaknya berada di samping atau di depan pikiran sadar? Atau di bawah pikiran sadar, atau justru di atasnya, atau malah menyatu dengan pikiran sadar, namun hanya memiliki fungsi yang berbeda?
  • Dan mungkin masih banyak pertanyaan selanjutnya.

Rasanya judul di atas menjadi pertanyaan bagi kita semua. Semenjak pertama kali saya mendengar istilah pikiran bawah sadar, sebagai orang yang awam dengan ilmu psikologi muncullah pertanyaan-pertanyaan tentang konsep atau istilah pikiran bawah sadar dalam pikiranku.

Entah pertanyaan dalam pikiranku itu berada dalam pikiran sadar ataukah dalam pikiran bawah sadar, saya tidak tahu. Saya yakin dan pasti kalau saya bukan orang pertama yang mempertanyakannya, para ahli psikologi tentunya lebih dulu memepertanyakan dan bahkan mungkin sudah menemukan jawabnya dan memahaminya secara benar mengenai konsep pikiran bawah sadar ini (minimal benar menurut penemuan saat itu).

Memang sampai sekarang masih menjadi bahan perdebatan yang belum selesai ataupun selsai karena dianggap selesai tentang istilah konsep ”pikiran bawah sadar” itu, tapi kalau saya mengacu pada Milton Erickson sang pakar hypnosis modern yakni mengaggap sebagai other than conscious mind. Pokoknya sesuatu yang bukan pikiran sadar, entah itu apa. Karena Pikiran tidak bisa dilihat maka kita tidak tahu bendanya, kita mungkin juga tidak bisa membuktikannya, namun kita hanya bisa merasakan bahwa karakteristik fungsinya yang berbeda.

Saya teringat, pernah mendengar dalam pembicaraan dengan salah satu kawan tentang pikiran (sayangnya saya lupa kapan dan siapa kawan itu). Namun dalam perbincangan itu saya sedikit mendapat pemahaman (maaf kalau salah karna masih belajar meraba-raba), bahwa pikiran kita itu seperti suatu perpustakaan yang menampung berbagai macam buku (informasi), namun kondisi ruangannya gelap. Karena, manusia memiliki sebuah lampu senter yang jika dinyalakan untuk mencari sesuatu yang diperlukan kira-kira hanya bisa menerangi sebagian kecil saja, dan sebagian lainnya remang-remang, dan sisanya yang mayoritas adalah gelap gulita.

Pikiran sadar adalah daerah terang yang disorot sinar lampu senter itu, sisanya adalah pikiran selain pikiran sadar. Jadi penjelasan ini membedakan penjelasan dari yang lain, dengan kata lain, bahwa pikiran sadar hanya bekerja saat-saat tertentu saja. Saya rasa ini menjadi semakin lebih mudah dimengerti, karena bila kita sedang tidur pikiran sadar kita sepertinya juga ikut tidur dan istirahat dan tidak bekerja lagi.

Ini hanyalah pendapat saya yang masih belajar dan meraba-raba maknanya, tentunya anda juga boleh berbeda pendapat dengan pemahaman saya ini, karena saya kan belum tahu masih belajar dan mencoba meraba-raba memahami. Sehingga untuk mempermudah penjelasan, terlepas itu benar atau salah sering dikatakan saja “pikiran bawah sadar”, mungkin karena dengan istilah ini lebih banyak diterima.

Jadi sebagai kesimpulannya, istilah pikiran bawah sadar bukanlah nama benda tetapi hanyalah istilah untuk lebih memudahkan memahami bahwa ada fungsi pikiran lain yang tidak berada dalam kondisi pikiran sadar, dan dalam ilmu hypnosis memang lebih banyak menggunakan istilah “pikiran bawah sadar”. Dan Pikiran Bawah Sadar ini dapat memicu terjadinya pribadi yang luar biasa dan sangat powerful untuk menjalani kehidupan ini.

Caranya? Silahkan mengikuti Pelatihan Praktisi Hypnotherapy pasti menjelaskan lebih detail semua itu.

Salam Wisdom Hypnotherapy