Atasi Fobia dan Trauma dengan Hipnoterapi

www.wisdomhypnotherapy.com – Fobia berasal dari kata phobos (Yunani) yang berarti “ketakutan”. Fobia adalah suatu ketakutan yang tidak normal dan tidak beralasan terhadap suatu obyek atau situasi tertentu. Fobia sebenarnya merupakan hal yang wajar-wajar saja. Artinya fobia janganlah disamakan dengan penyakit.

Secara umum para ahli membagi fobia menjadi tiga kategori, yakni :

a.       Agoraphobia (takut berada di tempat umum);

b.      Fobia sosial (takut atau menghindari situasi sosial);

c.       Fobia yang spesifik, yaitu ketakutan yang irasional terhadap suatu obyek atau situasi.

Saat individu mengalami fobia, biasanya muncul rasa cemas atau panik, namun tanpa dasar yang jelas. Sedangkan pada ciri ciri yang dirasakan seperti :

  • fisik gemetar,
  • jantung berdebar-debar,
  • terkadang disertai nafas yang tersengal-sengal.

Fobia terbentuk oleh sebuah pengalaman buruk yang sangat ekstrim ataupun rentetan peristiwa yang sangat menakutkan (traumatik) dimasa lalu.

Rentang waktu terbentuknya Fobia dapat dimulai sejak kanak kanak seperti trauma kelahiran hingga dewasa seperti trauma naik pesawat.

Pada kebanyakan orang, fobia tidak dianggap hal yang menakutkan atau sangat mengganggu dirinya, ini dikarenakan terdapat beberapa jenis fobia yang memang  mudah dihindari seperti :

  • fobia ular,
  • kalajengking,
  • cacing, dll.

Lebih dari 10% dari orang di dunia ini mengalami fobia sederhana pada suatu waktu. Namun, apabila fobia tersebut sangat erat hubungannya dengan performa/kinerja seseorang seperti fobia naik pesawat, lift, ketinggian, dll hal tersebut sangat menganggu kinerja individu yang bersangkutan serta dapat menghambat karir dan kehidupannya

Dapat dibayangkan apabila seorang pengusaha yang harus melakukan negosiasi kepada rekan bisnisnya di luar negeri mengalami fobia takut pesawat, maka ia sangat tersiksa dengan fobia yang melanda dirinya.

Hal tersebut sebenarnya terjadi karena  “pikiran kita sangat berpikir secara kreatif terhadap sebuah momen atau kejadian tertentu”, melalui “daya imaginasi“, “persepsi” dan “ilusi pikiran”. Biasanya fobia tersebut muncul setelah mengalami sebuah “traumatik”. Inilah mengapa terjadi sebuah ketakutan yang tidak beralasan.

Untungnya, hipnoterapi memberikan teknik penyembuhan yang sangat efektif untuk masalah-masalah fobia tersebut. Hal ini dikarenakan hipnoterapi menawarkan sebuah teknik relaksasi sebagai lawan atau kebalikan dari ketakutan berlebih tersebut. Ketika seseorang melakukan teknik relaksasi maka ia belajar bagaimana merespon sebuah obyek atau situasi yang ditakutinya tersebut.

Prosedur hipnoterapi untuk mengatasi fobia bekerja dengan cara :

a.      Memisahkan stimulus (pemicu objek) dari respon emosionalnya;

b.      Mengenali dan memahami kronologis stimulus (pemicu objek);

c.       Melakukan “updating”/menginformasikan ulang pikiran dengan hal yang lebih baru dan lebih realitis untuk direspons.

Mau tau tentang hipnotherapy dan berbagai langkah melakukannya kepada orang tercinta Anda?

Segera Baca dan Miliki Buku Hipnoterapi, teknik cepat dan tepat mengatasi stress, fobia, trauma dan gangguan mental lainnya, yang diterbitkan oleh Visimedia, Karya Andri Hakim.

Salam Wisdom Hypnotherapy