Aplikasi Kalimat “Affirm” dalam sesi hipnoterapi

AndriHakim101

Setelah seseorang menggunakan kalimat “Cancel” dan “Replace” maka dapat dilanjutkan dengan kalimat Affirm. Affirm atau “penegasan”merupakan sebuah “komitmen” yang perlu Anda/Klien Anda lakukan untuk membentuk sebuah perubahan. Kadang-kadang, sebuah niat hanya sekadar ucapan saja dan tanpa adanya komitmen yang jelas dan tegas tidak akan berefek apa pun terhadap diri seseorang. Penegasan bisa berupa kata-kata yang diucapkan, tetapi bisa juga sebuah pencitraan diri.

Robert Louis Stevenson pernah mengatakan bahwa “Jangan pernah menilai hari-hari dari panen yang Anda  tuai, tetapi dari benih yang Anda tanamkan”. Benih yang dimaksud adalah sebuah niat dan pengharapan. Saat Anda memiliki niat baik dan rencana baik, berarti Anda sedang mempersiapkan diri untuk menerima rahmat, hidayah, dan inayah dari Tuhan Yang Maha Esa.

Berikut ini adalah contoh kalimat yang mengandung “cancel” , “Replace” dan “Affirm” yang bermanfaat dalam memberikan sugesti permanen kepada klien :

Old Self Image ( OSI) : Saya orang yang biasa-biasa saja

Cancel : Saya sebenarnya orang yang luar biasa

Replace : Saya adalah orang yang hebat dan luar biasa

Affirm : Mulai sekarang, Mulai Saat ini saya adalah individu yang heabt dan luar biasa

Old Self Image ( OSI) : Saya memang dilahirkan untuk miskin

Cancel : Saya sebenarnya siap dilahirkan menjadi sukses

Replace : Saya termasuk bagian dari orang-orang Sukses

Affirm : Mulai hari ini, saya adalah orang yang sukses

Dengan merangkai kalimat Cancel, Replace dan Affirm diharapkan dapat menimbulkan manfaat ganda yang akan menjadi sebuah sugesti permanen yang dapat dijadikan sebuah solusi pemberdayaan diri.