Apakah Hypnosis benar-benar dapat Memaksa Pikiran Orang Lain?

Apakah Kita Bisa Memaksa Orang Lain sesuai kehendak Kita?

Sebenarnya, hypnosis tidak seperti yang anda persepsikan   Anda mungkin melihat seorang ahli hypnosis panggung (stage hypnotist) kelihatannya bisa memaksa seseorang (mind control) untuk melakukan hal-hal aneh pada saat hypnosis berlangsung. Namun, sebenarnya orang yang melakukan hal-hal aneh tersebut disebabkan mereka mempunyai keinginan untuk menjadi bahan perhatian orang lain (memberi kesenangan kepada orang lain). Pada saat seorang ahli hypnosis panggung memilih subjek, sebenarnya ia telah memilih peserta yang benar-benar rela dijadikan subjek pertunjukannya.

Karena itu, jika peserta tersebut memang tidak mau, ahli hypnosis tidak dapat memaksakan kehendaknya dalam memberikan saran/sugesti seperti melakukan atau menyetujui hal-hal yang melanggar nilai-nilai yang mereka anut.

Jika subjek hypnosis bisa dipaksa, maka dapat dibayangkan bahwa seluruh ahli hypnosis di seluruh dunia ini mungkin akan memaksa Anda untuk merampok bank dan meminta hasil rampokan itu. Jika demikian, ahli hypnosis tersebut akan kaya raya tanpa perlu bekerja. Selain itu, mereka juga bisa memiliki kekuasaan tanpa batas. Namun, realitasnya hal itu tidak terjadi, bukan?

Apakah Setiap Orang Bisa Di Hypnosis?

Sebenarnya, setiap orang memiliki kemampuan untuk bisa dihypnosis (hypnotizability). Kemampuan ini ini juga bisa diperoleh melalui serangkaian latihan (hypnosis training). Anda dapat melatih tubuh dan pikiran Anda untuk dapat memasuki kondisi hypnosis dan ini bisa Anda lakukan tanpa bantuan orang lain (self hypnosis).

Kebanyakan orang tidak sadar bahwa sesungguhnya mereka telah dihypnosis, lebih ekstremnya, walaupun ia telah dihypnosis namun terkadang efek dari sesi hypnosis tidak dapat dirasakan langsung oleh subjek, akan tetapi hasilnya bisa dirasakan oleh subjek tersebut.

Apakah Saya termasuk orang yang tidak bisa di Hypnosis?

Saat dalam kondisi hypnosis, Anda selalu mempunyai pilihan, apakah Mau Patuh atau Mau tidak Patuh. Ingat, pikiran Anda tidak akan pernah berhenti berfungsi dalam membuat keputusan. Jadi, hypnosis sama sekali tidak akan memaksa Anda untuk mematuhi apa yang disugestikan. Sebagai Contoh, Anda tidak akan dapat menceritakan sebuah rahasia jika Anda tidak ingin seseorang mengetahuinya. Akan tetapi, terkadang dalam kondisi itu, Anda mungkin menemukan beberapa kebenaran tentang diri Anda atau situasi yang sedang Anda hadapi, atau ada sebuah sabotase terhadap pikiran Anda (self sabotage) dan kesemuanya itu anda ungkapkan sebagai bagian dari sesi therapy (hypnotherapy).

Salam Wisdom Hypnotherapy

Andri Hakim