8# Auto Hypnosis dan Meditasi

AutoHipnosis Sebagai Solusi Memotivasi Diri

Hampir sama dengan mekanisme “self hipnosis”, maka Autohipnosis memperkenalkan sebuah teknik yang lebih memudahkan bagi Anda yang memang telah memahami kebutuhan dan permasalahan yang sedang dihadapi. Sebagai contoh, apabila Anda termasuk orang yang tertekan dalam menghadapi ujian kenaikan kelas, maka Anda dapat merekam susunan kalimat (script) yang dapat memotivasi dan menyemangati agar Anda mampu dan siap dalam menghadapi ujian.

AutoHipnosis merupakan teknik memberikan sugesti, saran dan motivasi kepada diri pribadi dan orang lain dengan mempergunakan alat perekam suara, seperti HandPhone yang anda gunakan sehari-hari atau program perekam suara digital yang dapat Anda kombinasikan dengan alunan musik pengiring di komputer pribadi Anda.

Ada beberapa langkah yang perlu dilakukan agar proses Autohipnosis dapat berdaya dan berhasil guna, antara lain :

1.      Perjelas Tujuan Anda.

Tuliskan tujuan dan keinginan Anda dengan sejelas-jelasnya. Sebaiknya Anda memiliki tujuan yang lebih spesifik dan jangan terlalu banyak membuat tujuan. Sebagai contoh, saat Anda membuat Script Melangsingkan Badan, maka usahakan tujuan-tujuan yang ada tulis dalam sricpt tidak keluar konteks awalnya. Jangan sampai Script Melangsingkan Badan ditambahkan motivasi untuk kaya raya. Catatlah poin-poin penting yang menurut Anda perlu dan harus dilakukan dalam menggapai tujuan Anda tersebut.

2.      Ikuti seluruh mekanisme dan langkah Self Hypnosis.

Buatlah susunan script yang dimulai dengan langkah-langkah melakukan relaksasi terlebih dahulu, kemudian tuliskan saran-saran positif yang diperlukan untuk menggapai tujuan Anda. Akhiri script tersebut dengan sebuah kalimat penutup yang dapat memotivasi dan memberikan kekuatan dalam hidup Anda.

3.      Baca dan Rekamlah Script yang telah Anda susun.

Baca dan rekamlah script yang telah Anda buat tersebut dengan menggunakan media perekam apa saja, bisa dengan handphone, MP3 atau MP4 atau Komputer kesayangan Anda. Ingat, inti dari Autohyonosis adalah Anda cukup mendengar setiap saran dan sugesti positif yang telah Anda buat dari pilihan kata-kata terbaik, dengan merujuk kepada mekanisme self hypnosis.

Hal yang harus diperhatikan :

  1. Pastikan apa yang menjadi permasalahan, atau hambatan Anda sudah dapat dikenali dengan baik dan sudah dimasukkan dalam rangkaian script yang Anda buat.
  2. Saat anda membaca script tersebut dan merekamnya, pastikan penekanan, gaya dan teknik berbahasa serta kecepatan suara sesuai dengan gaya penerimaan Anda. Ini dikarenakan Anda membuat Autohipnosis ini untuk diri Anda pribadi. Tetapi saat Anda membuatkan panduan Autohypnosis kepada orang lain, maka persiapkan kata-kata dan kalimat yang mudah diterima dan dipahami oleh berbagai kalangan. Penggunaan kata non formal perlu diperhatikan agar tidak terjadi ketidaknyaman terhadap si penerima dan pendengar Autohypnosis Anda.
  3. Sebelum Anda menggunakan hasil rekaman tersebut, pastikan kualitas suara dan ketepatan kalimat-kalimat benar-benar telah sempurna dan sesuai dengan kebutuhan dalam mengatasi permasalahan yang sedang dihadapi. Jika kondisi Anda kurang memungkinkan, atau Anda sedang tidak nyaman maka jangan paksakan untuk merekam saat itu, tentukan waktu yang benar-benar membuat Anda energik dan termotivasi, agar energi suara yang Anda hasilkan benar-benar berkualitas dan berdaya guna.
  4. Saat Anda mulai mendengarkan Autohipnosis yang telah Anda buat, Anda cukup mendengarkan dan mengikuti semua instruksi, kalimat, saran dan sugesti yang telah Anda buat.

Meditasi

Meditasi merupakan teknik relaksasi yang telah dilakukan oleh berbagai kalangan selama berabad-abad. Berbeda dengan Autohipnosis dan self hipnosis, praktisi meditasi lebih bersifat pasif yaitu ”Receive The Program” atau menerima sebuah program alam terhadap dirinya.  Hanya cukup memperhatikan keluar masuknya nafas dan terus memperbaiki sikap tubuh dan mengurangi aktivitas pikiran hingga menuju ke sebuah relaksasi yang sangat dalam atau biasa disebut dengan “titik hening” maka intuisi dan tingkat emosional Anda lebih teratur.

Saat di “titik hening” inilah praktisi meditasi banyak memperoleh pencerahan, wawasan baru dan ide-ide baru yang sebelumnya tidak pernah terpikirkan olehnya. Hal ini dikarenakan saat seseorang melakukan meditasi ia mempersiapkan diri untuk menerima sebuah program, banyak yang menyebut program Alam, Program Semesta atau menerima petunjuk Tuhan. Apapun itu inti dari meditasi adalah memberikan efek relaksasi pikiran dan penyembuhan yang luar biasa.

Namun seiring dengan perkembangan tradisi dan budaya, maka variasi meditasi beraneka ragam mulai dari meditasi diam, sebagai contoh “Zikir Meditation” yaitu meditasi yang dilakukan sambil  membacakan kata-kata kebaikan atau melantunkan ayat-ayat suci, hingga ”Dinamic Meditation” atau meditasi bergerak seperti Tai-Chi yang mengharmoniskan antara relaksasi pikiran dengan gerakan-gerakan tubuh.

Dalam era modernisasi, meditasi telah berkembang lebih pesat, bukan hanya sekedar teknik duduk diam, nafas dan relaksasi, namun belakangan ini telah berkembang ke arah gaya hidup meditatif, yaitu mengubah pola pikir, makan, gerak dan pola emosi menuju pola-pola kesehatan secara holistik.

Sumber : Buku Hipnoterapi Karya Andri Hakim, 2010