5 Langkah ABCDE Saat Anda menjalani sesi Hypnotherapy

www.wisdomhypnotherapy.com – Berkembangnya hypnotherapy sebagai solusi konkrit mengatasi berbagai permasalahan emosional memunculkan berbagai fenomena penyembuhan alternatif berbasis emosi. Menjamurnya pelatihan hypnosis dan hypnotherapy di masyarakat Indonesia mengindikasikan bahwa hypnosis mulai dapat diterima oleh sebagian masyarakat dan bahkan berbagai kalangan intektual telah menjadikan hypnosis sebagai bagian dalam aktivitasnya sehari-hari, yang kemudian muncullah berbagai aplikasi hypnosis seperti  hypnosis for sport, hypnosis for selling, hypnosis for motivation, dll

Dalam perkembangannya, hypnosis juga diperuntukkan sebagai “therapy” yang lebih dikenal dengan istilah “Hypnotherapy”. Hypnotherapy sebenarnya mudah dikuasai, siapa saja berlatar belakang apapun dapat mempelajarinya.

Sudah banyak lembaga hypnotherapy bermunculan guna memberikan pelatihan Hypnotherapy, mulai dari pelatihan singkat hingga pelatihan dengan jangka waktu tertentu (dihitung dari jumlah jam pelatihan).  Selain mengikuti pelatihan hypnotherapy, seseorang juga dapat membaca referensi tentang hypnotherapy dari berbagai buku, artikel dan video-video yang berkaitan dengan hypnosis dan hypnotherapy.

Pada dasarnya, setiap orang dapat dengan mudah mempelajari Hypnotherapy, namun untuk menjadi seorang hypnotherapist masih banyak faktor-faktor pendukung yang harus dikuasainya, seperti etika profesi, prosedur penanganan hal-hal yang tidak diinginkan, kepribadian therapist, dll. Itu semua tentunya tidak dapat dikuasai hanya dalam pelatihan saja, namun dibutuhkan waktu untuk mematangkan seseorang menjadi hypnotherapist.

Bagi Anda yang memiliki permasalahan dan membutuhkan bantuan “ Hypnotherapist”, terdapat beberapa saran sederhana yang perlu Anda perhatikan. Berikut ini langkah-langkah yang perlu anda pertimbangkan saat memutuskan untuk menjalani sesi hypnotherapy.

Langkah A. Assosiasi Hypnotherapy

  • Anda dapat mencari beberapa Assosiasi atau lembaga hypnotherapy di Indonesia atau afiliasi asing yang memang menaungi dan bertanggung-jawab terhadap profesi hypnotherapist.
  • Carilah nama-nama Anggota Assosiasi atau lembaga  yang masih menjadi Anggota Aktif dan telah dipercaya oleh Assosiasi/lembaga untuk melakukan Hypnotherapy secara tepat dan benar.

Langkah B. Berkompeten

  • Setelah Anda memperoleh Hypnotherapist yang anda rasa cocok, pastikan Hypnotherapist yang ingin anda temui benar-benar berkompeten menangani permasalahan Anda.
  • Biasanya semakin seseorang memiliki pengalaman sebagai hypnotherapist, ia memiliki pola-pola penanganan untuk kasus-kasus tertentu, dan Anda dapat bertanya apakah kasus yang sedang anda hadapi pernah ditangani oleh hypnotherapist tersebut.

Langkah C. Communication

  • Cobalah untuk berkomunikasi terlebih dahulu dengan hypnotherapist yang bersangkutan, Anda dapat berkomunikasi langsung melalui telepon, atau memulai komunikasi awal melalui email atau SMS. Biasanya hypnotherapist menjawab telepon Anda.
  • Tanyakan apakah kasus yang sedang Anda hadapi ini benar-benar sesuai dengan apa yang telah hypnotherapist tangani dari kasus-kasus client sebelumnya?
  • Tanyakan Apakah hypnotherapist tersebut benar-benar bersertifikasi resmi?
  • Berapa biasa terapi per sesi, lokasi terapi & lamanya terapi per sesi?
  • Kira-kira butuh berapa kali sesi hypnotherapy untuk menuntaskan permasalahan Anda?
  • Waktu yang tepat untuk melakukan hypnotherapy?
  • Lakukan perbandingan antara hypnotherapist satu dengan lainnya, dengarkan gaya bicara, intonasi dan penjelasannya tentang permasalahan yang sedang Anda hadapi. Gunakan intuisi Anda, ingat , kecocokan antara Anda dengan Hypnotherapist sebagai salah satu kunci sukses terapi yang akan anda jalani.

Langkah D. Datangi

  • Saat Anda telah menetapkan bertemu hypnotherapist yang bersangkutan, maka datangi tempat terapi tersebut sesuai dengan perjanjian yang telah anda buat kepada hypnotherapist.
  • Biasanya Anda diberikan formulir pendaftaran yang harus Anda isi sebagai bagian dari dokumentasi proses hypnotherapy.
  • Setelah itu, anda dipersilahkan untuk duduk di kursi relaksasi, dan dipersilahkan untuk menjelaskan secara detil apa yang Anda inginkan, dan jelaskan pula permasalahan utama Anda tentang apa yang perlu segera dituntaskan. Hypnotherapist mulai memandu dalam penyelesaian permasalahan Anda.

Langkah E. Elaborasi

  • Saat Anda dimohon oleh hypnotherapist untuk melatih kepekaan diri Anda, ikuti kata-kata yang telah diucapkan oleh hypnotherapist.
  • Selain itu, lakukan setiap latihan-latihan yang diberikan oleh Hypnotherapist kepada Anda, mulai dari teknik relaksasi, teknik pembayangan, teknik pendalaman &  sugesti.
  • Setiap sesi hypnotherapy menggunakan metode “ Client Center Therapy” artinya setiap langkah kesuksesan dalam menangani permasalahan client dimulai dari diri client tersebut dan saling bekerjasama guna mencari solusi terhadap permasalahan Anda

Selamat Mencoba, Salam Wisdom Hypnotherapy

Andri Hakim, www.wisdomhypnotherapy.com